oleh

Taman Botani Atau Kebun Raya? Masterplan Yang Menentukan

Berita3.net, Sangatta – Kajian taman botani final yang diselenggarakan Kamis, 27/8/2020 di Ruang Rapat Bappeda Kutim.

Kajian kali ini tampak ada yang berbeda dari kajian-kajian sebelumnya, Kajian sebelumnya terfokus membahas tematik kekhasan taman botani.

Focus Grup Discussion final kali ini justru ada pembahasan yang mengarah ke kebun raya. Ini mengacu pada hasil kajian beberapa waktu yang lalu dimana ada beberapa masukan yang mengarah ke pembahasan kebun raya.

Terkait kekhasan taman botani atau kebun raya nantinya akan didiskusikan dan dikonsultasikan lagi dengan LIPI, yang paling penting sebisanya memperbanyak pohon yang menahan erosi dan longsor.

Secara prinsip, kajian taman botani yang dilakukan selama ini adalah konsep penyelamatan hutan, selain itu juga bisa menjadi ikon daerah Kutai Timur.

“Taman Botani butuh koleksi dan harus didukung komitmen bersama untuk mencarikan solusi, kalau kami menyarankan ya sekalian saja dijadikan kebun raya yang bisa menjadi ikon daerah” pungkas Titis Hutama Syah.

Focus Grup Discussion final hari ini menghadirkan juga perwakilan BALITEK KSDA Kementerian Lingkungan Hidup, salah satu komitmennya adalah menyiapkan sistem barcoding semua jenis pohon nantinya. (Arn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI